Rabu, 17 Desember 2008

Sate Kambing

Sate Kambing/Domba baru saya kenal setelah merantau ke Pulau Jawa (he..hee), karena selama di kampung halaman dahulu saya tidak pernah mengenal dan belum merasakan yang namanya sate Kambing. Di Sumatera Barat khususnya, masyarakatnya hanya mengenal Sate Padang yang biasanya dari daging Bebek/itik, Ayam, dan Sapi (Lidah, Paru, Jeroan dll).





Mungkin karena sudah cukup lama merantau di Jawa, sayapun jadi terbiasa menyantap Sate Kambing (mau beternak kambing?), terlebih karena sudah menjadi tradisi di Jawa umumnya dan di Bogor khususnya, setiap memasuki Lebaran Haji/Idhul Adha maka acara makan sate Kambing yang diolah dari daging Kambing Kurban merupakan tradisi yang menambah suasana kekeraban semakin hangat.



Demikian juga dengan keluarga saya di Bogor, setiap Lebaran Haji maka daging Kambing yang merupakan bagian Kurban yang diperoleh dinikmati bersama keluarga sambil membakar sate kambing dan tulang-tulangnyapun diolah menjadi Sup Kambing yang lezat dan nikmat pula.


Wuih..sungguh luar biasa suasananya jika hari hari kurban ini datang, semua keluarga berkumpul dan biasanya di rumah Kami yang merupakan keluarga tertua dari keluarga besar Sindang Barang Bogor. Daging Kambing yang sudah dipotong ditusuk ramai-ramai, semua anak-anakpun ikut belajar menusuk daging kambing menjadi tusukan sate kambiang. Sungguh suasana yang menambah hangatnya hubungan keluarga besar terasa sekali disini.


Daging Kambing yang diperoleh dari kurang lebih 3 paha Kambing hasil Kurban di potong-potong dadu, lalu di tusuk rame-reme menjadi sate kambing mentah. Daging tersebut ditusuk selang seling dengan lemak/gajih kambing. Tusukan sate kambing lalu ditata di atas daun pepaya (Enzim Papain) agar daging menjadi empuk pada saat dibakar. Sate kambing mentah didiamkan kurang lebih 30 s/d 1 jam, atasnya ditutup lagi dengan daun pepaya agar semua daging terkena getah daun pepaya (Lihat Mamfaat Pepaya lainnya).

Nah, sekarang sate kambing sudah siap dibakar. Pembakaran dapat dilakukan dengan menggunakan arang atau dibakar diatas hotplate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video

Daftar Blog Pavorit

Lazada Online Shop