Sabtu, 03 Januari 2009

Sambal Teri Petai Cabe Ijo

Sambal Cabe Ijo Teri Petai : adalah salah satu menu favorit yang hampir selalu tersedia di Meja Makan di rumah kami. Menu ini dapat tahan lama, apalagi jika disimpan di dalam lemari es Sambel Cabe Ijo bisa bertahan sampai 2 minggu tanpa ada perubahan rasa.


Beberapa tahun yang lalu, seorang kenalan pernah minta dibuatkan Sambel Cabe Ijo Teri sebanyak 1 1/2 kg Cabe Ijo dan 1/2 kg Teri Medan (teri nasi), Sambal Cabe Ijo ini dibawa sebagai bekal untuk makan selama perjalan beliau ke Eropa. Menurut keterangan kenalan tersebut, Sambel Cabe Ijo tersebut masih tetap enak dan tidak berubah selama hampir 4 minggu tanpa mendapat perlakuan khusus dalam penyimpanannya. Hal ini mungkin karena suhu udara di Eropa sudah cukup dingin dan Sambel sudag beku tanpa dimasukan ke dalam lemari pendingin.

Setiap orang yang coba memakan Sambal Teri Cabe Ijo dan Petei buatan saya, hampir tidak bisa melupakan kenikmatannya dan akan selalu ingin mencoba membuatnya sendiri dengan meminta resep dan cara pengolahannya. Contohnya kenalan saya diatas yang ketagihan Sambal Cabe Ijo saya bermula ketika menu tersebut saya bawa sebagai bekal ketika kami memancing bersama dilaut lepas di daerah Benuangen (Banten) 8 tahun yang lalu. Dengan menu Cabe Ijo tersebut, ikan yang kami tangkap di bakar/digoreng dan disantap bersama Sambel Cabe Ijo...hmmm...yummi.

Tanpa merasa rugi, saya akan beberkan saja rahasia resep menu sambal cabe ijo teri tersebut agar sambal ini lebih tersosialisasi keseluruh masyarakat di Indonesia.

Berikut bahan-bahan yang kita butuhkan dalam menu Sambal Cabe Ijo.

1. Cabe Keriting Ijo 1/2 Kg ( Harga Rp. 8,000,-/kg)
2. Teri Medan (Teri Nasi) 1,5 Ons ( Harga Rp. 70,000,-/kg)
3. Petai 4/5 papan
4. Bawang Merah 7/9 buah
5. Bawang putih 4/5 siung
6. Jeruk Nipis 1 buah
7. Garam dapur 1,5 sendok makan

Cara Pengolahan :

- Giling/blender Cabe ijo keriting menggunakan blender, tambahkan minyak makan kedalam
blender agar cabe dapat tergiling dengan baik.
- Bawang merah dan bawag putih diiris
- Petai di potong-potong (lihat gambar)
- Teri : cuci dan bersihan dari kotoran dan campuran lainnya.

Goreng irisan bawang merah dan bawah putih sampai aroma wangi keluar atau berwarna coklat, masukan Cabe Ijo yang sudah di giling kasar dengan blender. Tambah 1 1/2 sendok makan garam dapur, goreng selama kurang lebih 15 menit dengan api sedang sambil sambal diaduk agar tidak lengket, tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis (dapat diganti dengan asam cuka 1 sdt). Biarkan goreng cabe ijo dengan api kecil sampai cabe ijo matang. Goreng petei sebentar saja (sampai warna berubah/petai menjadi layu), masukan kedalam Sambal cabe Ijo.

Teri yang sudah dicuci bersih juga digoreng sebentar, jangan terlalu lama dan kering. angkat dan campurkan kedalam Cabe Ijo goreng dan biarkan diatas kompor dengan api kecil sampai ikan teri dan petai meresap dan bercampur dengan cabe dengan baik (10-15 menit sambil diaduk-aduk agar tidak lengket).
Sekarang kita tinggal menikmati Sambel Cabe Ijo Teri Petai yang nikmat di meja makan...

Selamat mencoba dan berikan komentar..he...hee...heee. Kalau hasilnya kurang memuaskan saya siap dipanggil ke dapur anda..hemmmm.



Salam,


4 komentar:

  1. hmm... slurrrp :D

    lezat banget kliaranya.. hikz..
    jadi lapar..

    BalasHapus
  2. apa btl petai yg dipotong2 berikut kulitnya? thx b4.

    BalasHapus
  3. Bung Erik...benar sekali..petai itu enaknya dimakan ama kulitnya...manstap deh..

    BalasHapus
  4. Sambalnya mak nyus gan resepnya oke banget
    lam kenal follow back ya gan

    BalasHapus

Video

Daftar Blog Pavorit

Lazada Online Shop